Identifikasi Masalah Siswa SD
PENDAHULUAN
Latar Belakang : Seorang pendidik bukan hanya sekedar menyampaikan materi di dalam kelas sesuai dengan kurikulum yang berlaku, namun pendidik mengemban tugas terhadap perkembangan peserta didik, baik perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tidak semua peserta didik mampu berkembang sesuai dengan fase perkembangannya dengan baik tanpa adanya masalah yang mampu mempengaruhi perkembangannya. Maka dari itulah dengan adanya kajian ini kami berharap pendidik mampu berperan dengan baik dalam menjalankan tugasnya sebagai guru. Mencerdaskan anak bangsa dan mendidik serta membimbing anak bangsa kepada perilaku yang arif dan bijaksana .
PERMASALAHAN
A.Permasalahan yang terjadi pada anak SD
- Menurut pertinjauan psikologi :
Anak suka membadut
Anak suka menyakiti temannya
- Menurut pertinjauan sosiologis :
Anak suka mencuri barang orang lain dan milik sekolah
Anak suka berkelahi
Anak suka mengintip temannya
- Menurut pertinjauan ekonomi :
Anak suka mengantuk
Anak tidak mengerjakan tugas
Anak suka membolos
B.Perilaku yang sering terjadi pada anak SD
- Anak suka iri
- Anak suka berbohong
- Anak suka berkata kotor
- Anak susah belajar
- Anak malas mengerjakan PR
- Anak bandel
- Anak sters karena masalah sosialnya
- Anak merasa tertekan
- Anak suka memberontak
- Cara mengatasi anak-anak yang bermasalah
- Anak suka iri : Anak diberikan perhatian yang lebih agaranak merasa terkurangi gangguannya,asal masih dalam batas kewajaran.
- Anak suka berbohong: Bila anak berbohong walaupun sekecil apapun orangtua segera bertindak meluruskannya .Dengan cara memberikan suri tauladan yang baik kepada anak,mengajak anak untuk terbuka,menanamkan kejujuran,menepati janji,dan disiplin, serta diberi hukuman bila berbohong.
- Anak suka berkata kotor : anak diberitahu dan dinasehati bahwa kata-kata itu tidak baik untuk diucapkan dan diberi suri tauladan yang baik.
- Anak susah belajar : anak diberi stimulus/dorongan agar anak tidak putus asa dan mau belajar
- Anak malas mengerjakan PR : anak diberikan motivasi, anak diberikan hukuman dan pujian, anak diajak bekerja kelompok.
- Anak bandel : anak diajarkan disiplin yang dapat diterima dilingkungan, bertanggung jawab, dan sadar bahwa tingkah laku yang dilakukan mempunyai konsekuensinya.
- Anak strees karena masalah sosialnya : menenangkan dan meredakan diri anak, memberikan tanggapan yang simpatik dengan mengobrol dan bermain bersama anak.
- Anak merasa tertekan : Membatasi rasa keingin tahuannya yang memungkinkan pengendalian diri yang dapat menimbulkan stress yang cukup besar dalam diri anak.Dan mengantisipasi stress /tertekannya anak dengan memberikan pembatasan tanpa anak merasa bersalah dengan kesepakatan yang dapat membantu anak mampu mengendalikan perasaannya.
- Anak memberontak: Jangan memberikan penyebab penyebabnya (perbedaan sikap kedua orangtua, orangtua bertindak tidak adil, orangtua meuntut terlalu banyak/ berlebihan, orangtua bersikap kaku, anak merasa mendapatkan tugas yang banyak, orangtua melindungi secara berlebihan dan anak mengalami keletihan.
- Gangguan kesulitan belajar anak SD
- Kesulitan dalam berbicara dan berbahasa
- Permasalahan dalam hal kemampuan akademik
- Kesulitan yang mencakup gerakan anggota tubuh
- Mengatasi gangguan kesulitan belajar
1. Kesulitan dalam berbicara dan berbahasa sering menjadi indikasi awal bagi anak yang mengalaminya .