BATANG, seputarkendal.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk., melalui PT Jasamarga Related Business (JMRB) yang bersinergi dengan PT Perkebunan Nusantara IX, PT PP Properti (Persero) Tbk., dan PT PP Konstruksi (Persero) Tbk akan menambah empat fasilitas di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau Rest Area KM 360B Ruas Jalan Tol Batang-Semarang.
Hal ini diketahui saat Dewan Komisaris Jasa Marga dan Jajaran Direksi Jasa Marga melakukan kunjungan ke rest area tersebut, yang didampingi langsung oleh Direktur Utama PT Jasamarga Restarea Batang (JRB) Irwan Artigyo Sumadiyo, di Batang, Sabtu (08/08).
Irwan mengatakan, penambahan empat fasilitas ini dilakukan guna meningkatkan pelayanan dan kenyamanan para pengguna jalan tol. Nantinya, ungkap Irwan, Rest Area KM 360B Batang-Semarang ditargetkan tidak sekadar sebagai tempat beristirahat, namun juga dapat menjadi destinasi wisata bagi masyarakat sekitar atau pengunjung rest area.
“Keempat fasilitas tambahan yang berada di Rest Area KM 360B Batang-Semarang meliputi penambahan masjid, musala, dan dua toilet. Empat fasilitas tersebut akan melengkapi 58 fasilitas lainnya yang sebelumnya sudah tersedia di Rest Area KM 360B Batang-Semarang,” ungkapnya.
Saat ini, Rest Area KM 360B Batang-Semarang memiliki fasilitas yang cukup lengkap, antara lain pujasera, taman bermain, _mini market_, _mini zoo_, lahan parkir berkapasitas 258 kendaraan kecil dan 51 kendaraan besar, toilet gratis, sarana ibadah, posko kendali, panggung hiburan, taman hias, gerai ATM hingga tempat pengolahan sampah plastik.
Selain itu, Rest Area KM 360B Batang-Semarang juga dilengkapi dengan area komersial yang berisi beragam _outlet_ dengan mengedepankan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hingga kini, tercatat 36 pelaku UMKM di Rest Area KM 360B Batang-Semarang. Salah satunya adalah Tinari Cafe & Garden 360 yang menjadi titik pelaksanaan Pameran Budaya Batang dan Kesenian Daerah pada 7-9 Agustus 2020.
Rest Area KM 360B berada di Jalan Tol Batang-Semarang, tepatnya di jalur B (arah Jakarta). Rest Area ini memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Hal tersebut menjadikan rest area ini diganjar sebagai rest area dengan fasilitas terlengkap di Indonesia oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) pada 2019 silam.
Selain memiliki fasilitas yang lengkap, Rest Area KM 360B Batang-Semarang juga didesain dengan konsep _go green_. Hal ini dapat terlihat dari pengembangan lahan hijau yang meliputi 30 persen dari total 7,6 Ha keseluruhan rest area.
Selama pandemi Covid-19 ini, operasional Rest Area KM 360B Batang-Semarang menerapkan berbagai protokol kesehatan guna menekan angka penyebaran virus di rest area. Upaya tersebut meliputi _screening_ suhu tubuh pengunjung di _on ramp_, pembuatan fasilitas gerbang disinfektan, layanan posko kesehatan, penerapan _pyscal distancing_, menyebar berbagai imbauan terkait protokol kesehatan, dan menerapkan peraturan wajib mengenakan masker di rest area.(ant)